Bismillah

Bismillah
Awali aktivitas anda di blog ini dengan do'a di atas :)

Wednesday 22 February 2017

Gunung, Pasak Penjaga Stabilitas Bumi

Source: www.nationmultimedia.com

Dalam ilmu geologi, fenomena “lipatan” adalah sebuah fakta ilmiah yang belum lama ditemukan. Lipatan yang terjadi mengakibatkan terbentuknya pegunungan. Bumi tersusun atas beberapa lapisan. Bagian permukaan tempat kita hidup saat ini disebut kerak bumi, tersusun ibarat sebuah kulit yang padat. Sedangkan pada bagian dasarnya berupa cairan yang panas sehingga tidak memungkinkan terdapat kehidupan.

Diketahui juga bahwa stabilitas pegunnungan terkait dengan fenomena lipatan. Ahli geologi menyebutkan bahwa jari-jari Bumi sekitatr 3.750 mil dan lapisan kerak bumi tempat kita berpijak sangatlah tipis, hanya berkisar 1-30 mil. Karena tipisnya lapisan kerak tempat kita berpijak, maka kemungkinan untuk mengalami getaran sangat tinggi. Disinilah peran pegunungan sebagai pasak bagi kerak Bumi sehingga memberikan stabilitas bagi daratan tempat kita hidup.

Al-Qur’an dengan sempurna mendeskripsikan fenomena ini dalam ayat berikut:

(أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا(6) وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا(7

Terjemahan:
“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak. (Q.S An-Naba: 6-7)


Kata ‘awtad’ berarti pancang atau pasak (seperti yang biasa digunakan untuk mendirikan tenda), yang merupakan bagian dari sebuah lipatan. Frank Press melalui bukunya yang berjudul “Earth”, sebuah buku yang menjadi referensi dari displin ilmu geologi pada banyak universitas di dunia, menggambarkan gunung berbentuk seperti pasak. Dimana permukaan gunung yang sering kita lihat hanya sebagian kecil saja dari keseluruhan gunung itu sendiri. Pada bagian bawah permukaan tanah, gunung tampak seperti akar yang menghujam sangat kuat. Press mengatakan bahwa pegunungan memainkan peran penting dalam menstabilkan kerak Bumi. Namun, sekali lagi Al-Qur’an telah lebih dahulu menyebutkan hal ini berabad-abad yang lalu melalui ayat berikut:

وَجَعَلْنَا فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِهِمْ وَجَعَلْنَا فِيهَا فِجَاجًا سُبُلًا لَعَلَّهُمْ يَهْتَدُونَ

Terjemahan:
Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.” (Q.S Al-Anbiya: 31)

Masya Allah, segala puji bagi Allah atas segala keluasan ilmu-Nya.

Sumber: Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah, Zakir Naik. Dengan beberapa perubahan redaksi)

No comments:

Post a Comment