Bismillah

Bismillah
Awali aktivitas anda di blog ini dengan do'a di atas :)

Thursday 16 February 2017

Teori Penciptaan Alam Semesta Telah Disebutkan Dalam Al-Qur'an

Teori terciptanya alam semesta telah dijelaskan oleh para ahli geofisika dengan fenomena yang dikenal luas dengan nama teori 'Big Bang', teori yang didukung oleh data observasi dan eksperimen yang dikumpulkan oleh para astronom dan astrofisika dalam beberapa dekade. Menurut teori 'Big Bang', seluruh alam semesta pada awalnya berbentuk massa yang besar (disebut Nebula Primer). Kemudian, terjadilah 'Big Bang' (Ledakan Pemisah Sekunder) yang mengakibatkan pembentukan galaksi yang berikutnya terbentuk dan terbagi dalam bentuk bintang, planet, matahari, bulan dan benda langit lainnya. Berkenaan dengan fakta ini, Al-Qur'an telah berbicara lebih dahulu dalam sautu ayat:

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

Terjemahan:
"Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (Q.S Al-Anbiya: 30)

Para ilmuwan mengatakan bahwa sebelum galaksi di alam semesta terbentuk, pada awalnya semua berbentuk materi gas atau awan dalam jumlah sangat besar. Untuk mendeskripsikan istilah benda angkasa ini, penggunaan kata 'asap' lebih tepat daripada gas, sebagaimana Al-Qur'an yang menggunakan kata 'dukhan' (asap) yang terdapat dalam beberapa ayat, salah satunya terdapat pada ayat berikut:

ثُمَّ اسْتَوَىٰ إِلَى السَّمَاءِ وَهِيَ دُخَانٌ فَقَالَ لَهَا وَلِلْأَرْضِ ائْتِيَا طَوْعًا أَوْ كَرْهًا قَالَتَا أَتَيْنَا طَائِعِينَ

Terjemahan:
"Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan patuh atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan patuh". (Q.S Fushilat: 11)

(Sumber: Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah, Zakir Naik. Dengan beberapa perubahan redaksi)

No comments:

Post a Comment