Bismillah

Bismillah
Awali aktivitas anda di blog ini dengan do'a di atas :)

Monday 20 February 2017

Partikel Sub Atom yang Disebutkan Dalam Al-Qur'an

Source: WPCLipart.com

Pada zaman dahulu merebak sebuah teori yang dikenal luas dengan Teori Atom. Teori ini awalnya digagas oleh seorang Yunani yang hidup sekitar 23 abad yang lalu bernama Democritus. Democritus beserta orang-orang setelahnya mengasumsikan bahwa satuan terkecil materi adalah atom. Orang Arab pun berpendapat demikian juga.

Kata ‘dharrah’ dalam bahasa Arab sering diartikan dengna atom. Seiring perkembangan zaman, ilmu pengetahuan modern menemukan bawha ada kemungkinan atom masih bisa dibagi lagi. Pekembangan ilmu pengetahuan di abad ke-20 bahkan mengatakan bahwa atom masih bisa terbelah lagi menjadi beberapa partikel yang lebih kecil lagi.

Namun, Al-Qur’an 14 abad yang lalu telah membantah hal ini. Sifat Allah yang Maha Tahu diperlihatkan lewat ayat berikut yang secara gamblang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang lebih kecil dari atom. Masya Allah.

وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَا تَأْتِينَا السَّاعَةُ ۖ قُلْ بَلَىٰ وَرَبِّي لَتَأْتِيَنَّكُمْ عَالِمِ الْغَيْبِ ۖ لَا يَعْزُبُ عَنْهُ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ فِي السَّمَاوَاتِ وَلَا فِي الْأَرْضِ وَلَا أَصْغَرُ مِنْ ذَٰلِكَ وَلَا أَكْبَرُ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Terjemahan:
“Dan orang-orang yang kafir berkata: "Hari berbangkit itu tidak akan datang kepada kami". Katakanlah: "Pasti datang, demi Tuhanku Yang Mengetahui yang ghaib, sesungguhnya kiamat itu pasti akan datang kepadamu. Tidak ada tersembunyi daripada-Nya sebesar zarrahpun yang ada di langit dan yang ada di bumi dan tidak ada (pula) yang lebih kecil dari itu dan yang lebih besar, melainkan tersebut dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)". (Q.S Saba’: 3)

(Sumber: Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah, Zakir Naik. Dengan beberapa perubahan redaksi)



No comments:

Post a Comment